• Sabtu, 13 Agustus 2022

Transjakarta Kembali Uji Bus Listrik, Gratis Nih

- Jumat, 17 September 2021 | 11:25 WIB
Higer Bus
Higer Bus


OTONETTERS -  Setelah menguji dua bus listrik dari BYD, kini giliran bus Higer yang dicoba. Rutenya masih sama, yakni EV1 dengan jurusan Blok M - Balai Kota.

Sobat dapat mengakses bus listrik ini secara gratis dengan tetap tap in Kartu Uang Elektronik (KUE) dan tarif Rp 0. Sejak pekan lalu, PT Transportasi Jakarta melaksanakan Pelepasan Uji Coba Bus Listrik sebanyak 1 unit.

Tes ini sebagai bentuk tindak lanjut Penandatanganan MOU bersama Agen Penyedia Bus (APM) PT Higer Maju Indonesia (HMI) yang telah dilaksanakan pada 1 September 2021 lalu, untuk menghadirkan bus listrik yang aman dan nyaman bagi pelanggan.

Baca Juga: Indonesia Siap Buka Pabrik Baterai Mobil Listrik, Terbesar Di ASEAN

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan yang dikeluarkan pada 8 Agustus 2019 lalu.

Ini juga merujuk pada Instruksi Gubernur DKI nomor 66 tahun 2019 mengenai Pengendalian Kualitas Udara di Jakarta dan menjadi mandat kami dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) nomor 71 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dengan rencana aksi implementasi bus listrik.

Uji coba ini diharapkan bisa menjadi langkah kecil untuk lompatan besar sektor transportasi massal di masa depan, seperti emisi rendah atau bahkan nol. Hal ini tentunya dapat mengurangi polusi, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM dan akhirnya bisa menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dan baterai.

Dan sesuai SK Kadishub No. 353 Tahun 2021, seluruh pelanggan Transjakarta wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 untuk dapat mengakses seluruh layanan Transjakarta, baik melalui aplikasi jaki, PeduliLindungi, ataupun berupa print out (tidak disarankan mencetak sertifikat vaksin).

Editor: Takumi

Tags

Terkini

Terpopuler

X