• Selasa, 19 Oktober 2021

Ingin Menyetir Aman Dan Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi menyetir (Pixabay)
Ilustrasi menyetir (Pixabay)


OTONETTERS - Menyetir mobil merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan. Tapi masih jarang yang memperhatikan posisi berkendara yang ergonomis dengan mengatur posisi duduk yang benar, nyaman dan aman.

Padahal hal ini dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan, bahkan menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Menurut Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), berkendara juga harus diimbangi dengan peregangan otot dan postur tubuh yang benar. Berikut kiat ringan yang patut dicoba ketika berkendara jauh maupun dekat:

1. Posisi Duduk

Sebelum memulai perjalanan, pengendara harus mengatur posisi kursi mobil. Posisi duduk yang benar adalah badan tegak dan membentuk sudut 100 derajat.

Baca Juga: Perpanjangan Diskon PPnBM Punya Dampak Positif, Ini Catatan Suzuki Bulan Agustus

Caranya dengan mengatur posisi sandaran kursi agar berada pada posisi yang tepat namun tetap rileks, serta pastikan posisi tangan dan kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara.

Letakkan punggung menempel dengan sandaran jok atau back rest agar tidak mudah letih.

2. Posisi Kepala

Pastikan posisi headrest kursi sesuai dengan tinggi kepala pengemudi, dan pastikan posisi kepala tegak sejajar dengan bahu agar konsentrasi dan pandangan ke arah depan kendaraan tidak terganggu.

Tinggi headrest yang tepat dapat melindungi kepala dan leher pengendara apabila terjadi benturan keras akibat kecelakaan.

3. Posisi Tangan

Posisi tangan juga harus diperhatikan agar tetap bebas bergerak dan rileks. Ketika memegang kemudi, baiknya ibu jari berada di luar genggaman 4 jari Anda agar terhindar dari cedera ketika menggenggam lingkar kemudi secara penuh.

Baca Juga: Suzuki Indonesia Gelar Recall Untuk Ribuan Jimny

4. Posisi Kaki

Posisi kaki harus disesuaikan dengan kenyamanan pengendara, karena posisi kaki yang tepat akan mencegah nyeri lutut setelah berkendara jarak jauh.

Posisi kaki tidak boleh terlalu menekuk maupun terlalu lurus. Kemudian kendalikan tinggi atau rendahnya kursi sesuai dengan postur tubuh, dan pinggul tidak boleh lebih rendah dari lutut karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki.

5. Melakukan Peregangan Otot

Berkendara dengan jarak jauh dan duduk terlalu lama harus diimbangi dengan peregangan otot. Hal ini dilakukan agar peredaran darah lancar dan pengendara tidak merasa kelelahan.

Editor: Takumi

Tags

Terkini

Ini 5 Cara Membawa Sepeda Di Mobil Yang Aman

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Kenapa Dilarang Merokok di Dalam Mobil?

Senin, 13 September 2021 | 17:00 WIB

Moge bekas - paper atau bodong

Jumat, 3 September 2021 | 21:49 WIB

Tips membeli moge bekas bagi pemula

Jumat, 3 September 2021 | 19:18 WIB

Moge bekas - dimana yang jual?

Jumat, 3 September 2021 | 17:11 WIB

Moge Bekas - moge jenis apa yang harus dipilih?

Jumat, 3 September 2021 | 13:46 WIB

Terpopuler

X