• Selasa, 4 Oktober 2022

Kenapa kaca depan Sekarang pecahnya ga jagung ya..tapi merambat

Fq
- Rabu, 25 Agustus 2021 | 22:16 WIB
Kaca sebuah mobil ambulan pecah karena dilempar batu saat melintas di Fly Over Purwosari, Jumat (9/7/2021). (Instagram agendasolo)
Kaca sebuah mobil ambulan pecah karena dilempar batu saat melintas di Fly Over Purwosari, Jumat (9/7/2021). (Instagram agendasolo)

Otonetters- Sobat Otonetters yang sudah menjadi pecinta otomotif sejak dulu kala pasti sadar, jaman dulu kalau kaca depan mobil pecah menjadi kaca kecil kecil seperti jagung. Tapi tidak jaman Now .. Kaca pecah akan merambat berupa garis saja tidak jadi pecah pecahan kecil segede biji jagung seperti jaman dulu.

Teknologi otomotif terus berkembang di ikuti dengan perkembangan semua aspek dalam kendaraan termasuk salah satunya yang sangat penting adalah Safety atau keselamatan.

Kaca depan atau wind shield merupakan salah satu komponen safety pada kendaraan yang selalu di pikirkan agar selalu menjadi lebih aman bagi penggunanya.

Pada Masa awal kaca depan merupakan kaca biasa " standard" glass, kaca biasa ini dapat membahayakan pengemudi dan penumpang karena ketika pecah dapat menjadi bilah bilah besar yang tajam. Namun di Luar negri ini jaman jaman sebelum tempered glass pertama kali di temukan.

Baca Juga: Solusi Bunyi Bunyi Deg deg saat Ertiga di starter

Setelah di temukan yang namanya Tempered Glass maka pabrikan mobil menggunakan Tempered glass sebagai kaca  yang lebih Kuat terhadap getaran, benturan dan tentunya lebih aman. 

Tempered glass terbentuk karena adanya perlakuan khusus berupa penekanan ( pengerollan) pada temperatur tertentu saat proses produksi kaca.

Hasilnya kaca menjadi lebih kuat dan tahan tekanan dan juga cuaca. Selain itu kaca juga menghasilkan pecahan yang lebih aman ketika terjadi kecelakaan. Kaca akan pecah menjadi keping kepingan kecil sebesar biji jagung.

Tidak berhenti sampai disitu teknologi "perkacaan" masih di kembangkan dengan menciptakan kaca yang lebih aman bagi pengendara dan penumpang. Maka di keluarkanlah kaca berlapis atau Laminated Glass. Laminated glass di bentuk dengan merekatkan 2 lembar kaca dengan gel atau lapisan resin bening sehingga membantu mengamankan kaca ketika terjadi kecelakaan kaca tetap pada posisinya dan tidak berhamburan.

Halaman:

Editor: Fq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NIO ET5 2023 Siap Menghadang Tesla Model 3

Minggu, 26 Desember 2021 | 14:12 WIB

Kia Carens 2022 Bertransformasi Menjadi SUV 7 Penumpang

Minggu, 19 Desember 2021 | 21:54 WIB

HTCI Pengda Jatim Sukses Gelar Munas ke X

Minggu, 19 Desember 2021 | 14:35 WIB

Pemenang Honda Modif Contest Final Battle 2021

Minggu, 19 Desember 2021 | 08:12 WIB

Terpopuler

X